Membaca Quran sebagai Obat Hati

Hati merupakan organ tubuh manusia yang sangat penting. Namun seringkali Anda merasa tidak tenang,resah ataupun gelisah. Perasaan yang demikian tumbuh dari hati. Bagaimanakah cara mengobatinya ? Obat yang paling mujarab ialah membaca Al Quran. Perasaan yang demikian mungkin muncul karena beban hidup yang berat akan berkurang atau hilang dengan membaca Quran. Namun bagi anak muda atau remaja perasaan sakit hati, patah hati sering mereka rasakan karena ketertarikan dengan lawan jenis yang kemudian berujung konflik. Disaat Anda sedang merasa terpuruk maka hidup serasa tak memiliki makna. Dan perasaan hati Anda yang biasannya ceria, tenang, damai akan hilang dalam sekejap. Tapi percayalah dibalik semua cobaan hidup pasti ada hikmahnya. Dan bersabarlah untuk menghadapinya.

Kebutuhan manusia sangatlah kompleks. Tidak hanya dari segi fisik saja, tetapi juga kebutuhan dari sisi rohani. Berbicara mengenai kebutuhan rohani manusia, itu tergantung dari masing-masing keyakinan yang dianut oleh masing-masing manusia. Mengingat Indonesia masyarakatnya mayoritas Islam. Maka kegiatan-kegiatan keIslaman selalu nampak di depan mata kita, salah satunya yaitu mengaji Alquran. Kegiatan ini merupakan kegiatan dengan membaca lafadz-lafadz atau bacaan-bacaan yang ada dalam Al-Qur’an biasanya kita sering mendengarnya jika kita di masjid ataupun musholla.Namun apakah semua orang mengetahui tentang manfaat Al-Qur’an? Al-Qur’an berasal dari kata Qoro’a yang artinya bacaan. Kata dasar bacaan ini mengisyaratkan bagi seorang muslim untuk selalu dekat dengan Al-Qur’an karena di dalam Al-Qur’an terdapat beberapa lafadz Allah atau firman-firman sebagai petunjuk hidup bagi kaum muslim.

Banyaknya Manfaat Mengaji Alquran

Tahukah Anda manfaat dari membaca ayat-ayat suci Alquran? Baca Quran ternyata tidak hanya sebagai kebutuhan rohani, namun juga secara biologis berdampak pada tubuh secara positif. Hal ini telah lama menjadi kajian para ulama dan ilmuan dan terbukti membaca quran memiliki kaitan yang pengaruh kesehatan melalui berbagai penelitian. Konon, selain penelitian terhadap umat muslim yang menjadi sampel penelitian, beberapa sampel menggunakan kaum non-muslim untuk diteliti dan tidak terdapat perbedaan hasil. Beberapa penelitian menunjukan, mendengarkan lantunan ayat suci Alquran dapat menurunkan tingkat depresi dan kesedihan bahkan memperoleh ketenangan. Bahkan, tidak jarang para ibu hamil menstimulasi cabang bayi dengan memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran sebagai stimulan yang memicu perkembangan sel otak anak.

Berkenaan dengan hal itu, tidak heran jika Al-Qur’an dijadikan referensi hidup ketika hidup mulai bermasalah. Kembali ke Al-Qur’an, mungkin istilah itu yang sering digunakan ketika seorang telah benar-benar dalam kesulitan. Lalu bagaimanakah caranya? Yakni dengan mengaji Alquran yang dirasa sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan kaum muslim. Manfaatnya yaitu : Pertama, membuat hidup terhindar dari stres, sifat bacaan Al-Qur’an yang dirasa menenangkan ini yang mampu membuat stres menghilang. Kedua, dapat meningkatkan kesehatan, di firmankan Allah dalam Suroh Al Isro (17) ayat 82 yang berbunyi “Dan kami menurunkan Al-Qur’an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang mukmin”. Ketiga, Al-Qur’an dalam bacaannya dapat membuat orang bahagia karena dengan mendengar ayat yang ada di Al-Qur’an mampu membuat orang lebih sabar dalam menghadapi persoalan hidup sehingga membuatnya selalu bahagia.

Beberapa manfaat tersebut juga sudah dikaji oleh beberapa ilmuwan. Manfaat mengaji kitab suci pernah diteliti oleh Dr. Al Qodhi di Klinik Florida yang mengatakan bahwa Al-Qur’an dapat menurunkan depresi dan membuat ketenangan jiwa. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Salim yang dipublikasikan di Universitas Boston juga mengatakan bahwa Al-Qur’an dapat membuat ketenangan jiwa. Lantas, tunggu apalagi untuk segera belajar mengaji Alquran? Al-Qur’an tidak hanya sebatas kitab suci yang diturunkan untuk umat Islam, melainkan Al-Qur’an dapat menjadi penenang hidup di saat hidup mulai terasa sempit dan sulit.

Dr. Ahmad Al-Qadhi meneliti bahwa pengaruh dari mendengarkan bacaan Alquran dengan tiga jenis di Florida, Amerika Serikat. Tiga kelompok responden tersebut meliputi, kelompok muslim yang dapat berbahasa arab, kelompok muslim yang tidak dapat berbahasa arab dan kelompok non muslim serta buta dalam hal baca Quran. Melalui penelitian tersebut dapat diketahui dampak kondisi fisik seseorang setelah diperdengarkan bacaan Alquran. Penelitian tersebut menggunakan bantuan alat elektronik canggih yang dapat mendeteksi denyut jantung, ketahanan otot. dan kulit terhadap aliran listrik. Hasil dari penelitian tersebut kemudian disampaikan melalui forum tertentu pada tahun 1984 di Universitas Kedokteran Islam di Amerika Utara.

Dengan demikian, seluruh umat Islam patut berbangga memiliki panduan hidup berupa ayat-ayat suci yang sangat berpengaruh positif. Sebagai umat muslim, sepatutnya mengamalkan bacaan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Mengetahui adanya manfaat, tidak ada salahnya mulai saat ini untuk rutin membaca Quran di setiap adanya kesempatan luang. Baca Quran tidak hanya sebagai kewajiban bagi muslim namun juga mampu memberikan pengaruh bagi umat non muslim yang turut mendengarkannya. Salah satu cara untuk hidup lebih positif dan sehat baik secara lahir maupun batin adalah melalui membaca Quran setiap hari. Dengan membaca quran, artinya selangkah lebih mendekati Yang Maha Kuasa.

Ringankan Beban Hidup dengan Membaca Quran

Apabila hati Anda terasa tidak nyaman dan gelisah maka cepatlah untuk ambil air wudhu kemudian sholat. Ataupun ada cara lain yang bisa mengurangi ketidaknyamanan Anda ialah dengan cara berkumpul dengan orang yang sholeh dan mintalah solusi pada orang yang tepat. Itu juga sebagai cara agar bisa mengobati kegelisahan hati Anda, tapi ketahuilah membaca Quran juga merupakan cara yang sangat tepat dan manjur untuk mengobatinya. Karena Anda akan merasa dekat dengan Allah. Apalagi kalau Anda melakukan hal tersebut tidak hanya saat Anda merasa resah ataupun gelisah, tetapi setiap hari minimal Anda membacannya. Sesibuk apapun Anda sempatkanlah untuk membaca Al Quran.

Maka dijamin Anda akan selalu merasa nyaman dan tenang meskipun beban hidup Anda terasa sangat berat. Karena sesungguhnya setiap kesulitan pasti ada kemudahan dan jalan keluarnya. Selain sebagai obat hati juga sebagai bekal Anda kelak di akhirat yang akan memberikan syafaat di hari kiamat. Maka dari itu kami menulis artikel ini dengan harapan menginspirasi Anda agar rajin untuk membaca Quran. Sehingga Anda terjauh dari perasaan yang tidak nyaman. Apabila Anda memiliki hati yang sehat maka hidup Anda akan nyaman dan tenteram. Dan menjauhkan dari dari segala macam penyakit seperti iri, dengki terhadap orang lain. Karena jika Anda memiliki hati sehat akan mampu berfikir secara logis.

Alquran tidak sekedar panduan hidup bagi kaum muslim, namun juga merupakan konsumsi rohani bagi hati yang tengah mengalami pesakitan. Baca Alquran adalah salah satu cara yang dianggap ampuh untuk mengobati berbagai penyakit hati. Apabila seorang mukmin mengalami iri hati, dengki, kesombongan, dan sebagainya ini menandakan adanya penyakit hati yang apabila tidak diobati maka akan menjadi sulit untuk diobati. Dengan membaca quran serta terjemahannya, niscaya berbagai penyakit hati tersebut dapat berkurang sedangkan yang belum terkena dapat menghindari indikasi penyakit hati. Selain itu, dapat pula mengobati penyakit hati dengan sering melakukan dzikir sebagai bentuk ibadah paling mudah. Dzikir dengan mengingat nama Allah SWT juga sangat dianjurkan dilakukan secara kontinyu agar mencegah dari perbuatan maksiat.

Ampuhnya Menghilangkan Penyakit Hati dengan Baca Alquran

Baca Alquran yang dapat mengobati hati ialah membaca dengan meresapi ayat-ayat di dalamnya. Sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut yang menyatakan “Sesungguhnya orang-orang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenaNya) dan hanyalah kepada Tuhanlah mereka bertawakal” (Q.S 8:2). Tampak bahwa hati memiliki kaitan yang sangat dekat dengan bacaan bacaan alquran. Lebih dari itu, respon biologis tubuh terhadap bacaan alquran ternyata terbukti memiliki dampak yang positif. Diantaranya adalah memperoleh perasaan damai, tentram dan ketenangan melalui penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan dalam kaitannya menguji respon tubuh terhadap bacaan alquran.

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari alquran secara nyata bahkan dibuktikan secara ilmiah, kaum muslimin tidak hanya dianjurkan untuk membaca quran namun memaknai secara lebih dalam. Melalui pemaknaan tersebut, akan dapat diketahui bagaimana pedoman hidup kaum muslim yang sesungguhnya serta menghindarkan diri dari berbagai penyakit hati. Pencegahan indikasi terkontaminasi penyakit hati memang dapat pula dilakukan dengan menunaikan ibadah lain, namun ibadah baca Alquran adalah salah satu metode yang diangga efisien sebab tertulis jelas apa yang menjadi solusi bagi penyakit hati yang di derita oleh kaum muslimin dalam kandungan ayat suci alquran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *