Mengkhatamkan Membaca Alquran dengan Metode Cepat

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat islam sekaligus pedoman yang tidak hanya dibaca namun diamalkan hukumnya. Selain itu, Al-Qur’an sebagai pedoman hidup merupakan rujukan manusia melakukan hubungan secara vertikal dengan Allah maupun horizontal dengan sesama manusia. Mengkhatamkan membaca Alquran dengan metode sederhana dan cepat ini merupakan salah satu cara untuk para umat muslim yang memiliki gaya hidup mobile. Dengan metode ini, Anda yang memiliki kesibukan tetap dapat melaksanakan kewajiban membaca Al-Qur’an tanpa berpengaruh pada aktifitas lainnya. Apalagi melalui metode yang cukup sederhana ini, Anda dapat menjadikan membaca Al-Qur’an ini sebagai gaya hidup sehari-hari.

Bagaimana Cara Membaca Alquran agar Cepat Khatam?

Mengkhatamkan membaca Alquran dengan metode sederhana dan cepat dapat dilakukan dengan membaca AlQuran setiap selesai menunaikan sholat wajib. Dalam sehari umat islam menunaikan lima kali sholat wajib, setelahnya sempatkan membaca Al-Qur’an sebanyak empat halaman. Dalam waktu satu bulan Anda telah dapat mencapai surah akhir dari Al-Qur’an yang berjumlah 600 lembar. Sedangkan untuk Anda yang ingin merasakan dua kali khatam dalam satu bulan maka Anda hanya perlu menggAndakan jumlah lembar al- qur’an yang harus Anda tunaikan menjadi delapan lembar. Sedangkan Anda yang tidak dapat menunaikan membaca Al-Qur’an setelah melaksanakan sholat wajib, Anda dapat menggantinya ketika waktu senggang atau istirahat pada petang hari namun dengan porsi yang lebih berat yakni satu juz. Namun membaca al-quran dengan metode ini memerlukan komitmen untuk terus-menerus melakukannya secara kontinyu. Apabila Anda melewatkannya satu hari, maka target untuk mengkhatamkan Al-Qur’an dalam waktu satu bulan dapat berjalan tidak sesuai rencana.
Meski demikian, membaca Al-Qur’an perlu memperhatikan aturan-aturan cara membacanya. Tidak hanya sekedar mengkhatamkan Al-Qur’an dalam waktu yang singkat, Anda akan dapat lebih mendalami firman-firman di dalamnya. Apalagi Anda yang memiliki terjemahan Al-Qur’an menjadi sarana yang lebih baik dalam pendekatan Anda memahami Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Mengkhatamkan membaca Alquran dengan metode cepat dan sederhana tersebut hanya salah satu dari sekian banyak solusi bagi umat muslim melaksanakan kewajibannya.

Belajar Alquran Menyenangkan untuk Anak

Al Qur’an sebagai pedoman hidup umat islam sudah seharusnya ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin. Banyak cara belajar Alquran yang dapat digunakan untuk mendekatkan anak-anak pada Al Qur’an. Bahkan semenjak dalam kandungan, beberapa orang tua memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an kepada calon bayinya. Dengan demikian, diharapkan anak tersebut kelak tumbuh sebagai muslim yang mencintai Al Qur’an. Untuk itu, para orang tua semestinya memberikan pendidikan agama sejak dini dengan mengenalkan Al Qur’an. Bagi para orang tua yang sibuk, alternatif lain memberikan pendidikan agama kepada anak dapat digantikan oleh intitusi pendidikan resmi seperti sekolah berorientasi agama. Namun, tentu anak akan lebih senang apabila orang tua ikut andil dalam memberikan pendidikan agama secara langsung.

Beberapa Rahasia Metode Belajar Alquran untuk Anak

Belajar membaca Al Quran dapat dilakukan sendiri oleh orang tua kepada anak dikala melakukan sholat wajib berjamaah di rumah. Orang tua sekaligus dapat meluangkan waktu untuk mengikuti perkembangan rohani anak. Selain itu, metode belajar Alquran yang tidak kalah menyenangkan untuk anak adalah dengan mengikuti belajar Al Qur’an di tempat pembelajaran Al Qur’an yang biasanya berlokasi di surau atau masjid lingkungan rumah. Selain anak-anak dapat belajar Al Qur’an dengan tentor yang mendalami pendidikan agama dan kompeten, disana anak-anak dapat pula bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dampak positif lainnya, anak-anak dapat lebih termotivasi untuk lebih baik memahami Al Qur’an diantara teman-temannya. Melalui tempat pembelajaran Al Qur’an, anak-anak tidak hanya sekedar diajarkan cara baca tulis Al Qur’an dengan baik dan benar, namun juga ditanamkan akhlaq sesuai perintah agama.

Selain itu, masih terdapat alternatif atau cara lainnya untuk mengkaji kitab suci Al Qur’an bagi anak-anak yang memiliki tempat tinggal jauh dari tempat pembelajaran Al Qur’an dengan memanggil guru mengaji. Sistemnya belajar ini justru dinilai lebih efisien sebab anak-anak masih dalam pengawasan orang tuanya ketika belajar Alquran di rumah. Apapun alternatif cara yang digunakan orang tua untuk mengenalkan anak-anak pada Al Qur’an, telah sepatutnya anak mendapatkan pendidikan spiritual sedini mungkin yang kelak menjadi landasan hidup anak pada masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *