Menanamkan Budaya Belajar Membaca Alquran Sejak Dini

Al Quran merupakan kitab suci agama islam. Sebagai umat islam Anda harus bisa membaca, memahami serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Usia yang sangat mudah untuk menyerap ilmu ialah usia anak-anak. Sehingga akan lebih baik jika Anda menanamkan budaya belajar membaca Alquran sejak dini. Di usia yang masih dini akan lebih baik kalau diajarkan hal-hal yang positif, sehingga kelak saat dewasa menjadi anak yang sholeh serta sholehah dan dapat berguna bagi orang lain,agama, nusa dan bangsa. Anak yang dari kecil dididik dalam keluarga yang islami akan berbeda dengan anak yang berasal dari keluarga yang kurang memperhatikan tentang hal tersebut. Dalam perilakunya sehari-hari juga akan tercermin.

Pentingnya Belajar Membaca Alquran Sejak Dini

Saat usia anak Anda kecil manfaatkan usia emas mereka untuk belajar sesuatu yang baik. Dampingilah mereka saat bermain ataupun saat belajar. Karena keadaan dunia yang semakin canggih ini banyak ditemui anak belia yang sudah canggih dalam mengoperasikan gudget. Padahal di dalam gudget banyak terdapat informasi yang tidak seharusnya mereka tonton. Sehingga apabila mereka ditanamkan budaya belajar membaca Al Quran sejak dini maka anak Anda akan tahu manakah perilaku yang salah dan perilaku yang benar. Sehingga saat dewasa mereka tidak terjerumus ke hal-hal yang menyimpang karena anak Anda memiliki benteng yang kuat. Maka tanamkanlah budaya untuk belajar belajar membaca Alquran sejak dini dan rutin.

Dengan harapan kelak mereka akan menjadi generasi muda yang Quran dengan harapan mampu menjadi pemimpin yang baik dan adil bagi bangsa ini. Dengan mempelajari Al Quran sejak dini maka mereka tahu cara yang benar untuk memimpin negeri ini karena mereka memiliki iman yang kuat. Oleh sebab itu, kami menulis artikel ini dengan harapan agar tercipta generasi muda yang Qurani. Dengan cara kita menerapkan budaya untuk belajar membaca Alquran sejak dini. Karena generasi mudalah yang menjadi harapan negeri ini. Mereka yang akan menentukan kemana arah negeri ini dan seperti apa negeri ini dimasa yang akan datang.

Belajar Alquran Menyenangkan untuk Anak

Tanamkan kebiasaan membaca kitab suci agama islam kepada anak sejak dini menggunakan metode menyenangkan ketika belajar Alquran. Al Qur’an sebagai pedoman hidup umat islam sudah seharusnya ditanamkan pada anak-anak sedini mungkin. Banyak cara belajar membaca Alquran yang dapat digunakan untuk mendekatkan anak-anak pada Al Qur’an. Bahkan semenjak dalam kandungan, beberapa orang tua memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an kepada calon bayinya. Dengan demikian, diharapkan anak tersebut kelak tumbuh sebagai muslim yang mencintai Al Qur’an. Untuk itu, para orang tua semestinya memberikan pendidikan agama sejak dini dengan mengenalkan Al Qur’an. Bagi para orang tua yang sibuk, alternatif lain memberikan pendidikan agama kepada anak dapat digantikan oleh intitusi pendidikan resmi seperti sekolah berorirntasi agama. Namun, tentu anak akan lebih senang apabila orang tua ikut andil dalam memberikan pendidikan agama secara langsung.

Beberapa Rahasia Metode Belajar Alquran untuk Anak

Belajar membaca Al Qur’an dapat dilakukan sendiri oleh orang tua kepada anak dikala melakukan sholat wajib berjamaah. Orang tua sekaligus dapat meluangkan waktu untuk mengikuti perkembangan rohani anak. Selain itu, metode belajar Alquran yang tidak kalah menyenangkan untuk anak adalah dengan mengikuti belajar Al Qur’an di tempat pembelajaran Al Qur’an yang biasanya berlokasi di surau atau masjid lingkungan rumah. Selain anak-anak dapat belajar Al Qur’an dengan tentor yang mendalami pendidikan agama dan kompeten, disana anak-anak dapat pula bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dampak positif lainnya, anak-anak dapat lebih termotivasi untuk lebih baik memahami Al Qur’an diantara teman-temannya. Melalui tempat pembelajaran Al Qur’an, anak-anak tidak hanya sekedar diajarkan cara baca tulis Al Qur’an dengan baik dan benar, namun juga ditanamkan akhlaq sesuai perintah agama.

Selain itu, masih terdapat alternatif atau cara lainnya untuk mengkaji kitab suci Al Qur’an bagi anak-anak yang memiliki tempat tinggal jauh dari tempat pembelajaran Al Qur’an dengan memanggil guru mengaji. Sistemnya belajar ini justru dinilai lebih efisien sebab anak-anak masih dalam pengawasan orang tuanya ketika belajar Alquran di rumah. Apapun alternatif cara yang digunakan orang tua untuk mengenalkan anak-anak pada Al Qur’an, telah sepatutnya anak mendapatkan pendidikan spiritual sedini mungkin yang kelak menjadi landasan hidup anak pada masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *